Kategori
gaya hidup

Solusi Cepat Atasi Migrain Tanpa Harus ke mana-mana

Pernah gak sih kamu merasakan sakit kepala pas bangun tidur? Ini bukan rasa pusing ataupun sakit di seluruh bagian kepala, melainkan rasa nyut-nyut di bagian kepala sebelah kiri. Belum lagi terasa juga kemudian pusing dan badan lemas. Hal tersebut pernah saya alami pada tahun lalu. 

Apa Sih Gangguan Migrain?

Saat itu, saya berusaha bangkit dari tempat tidur, mencoba mengatur keseimbangan, karena takut jatuh. Lalu duduk. Setelah kira-kira 5 menit, saya beranjak meraih ponsel yang ada di meja tempat saya bekerja. Jaringan Internetnya Indonesia saya nyalakan, kemudian mencari aplikasi browser dan mengetikkan rasa nyeri yang saya rasakan di kolom pencarian, guna mengetahui kira-kira saya ini sedang terkena gangguan kesehatan apa ya. 

Beragam tulisan muncul dan satu persatu saya telaah dengan membaca dari gejala. Sepertinya mengarah pada satu gangguan kesehatan yaitu Migrain atau sakit kepala sebelah. Wah ini sih gak bisa dibiarkan berlama-lama, harus lekas ada penanganan, agar saya segera sembuh mengingat banyak tugas yang menunggu.

Migrain sendiri bila diartikan baik menurut KBBI maupun dari laman kesehatan berarti sakit kepala yang disertai nyeri berdenyut pada sebelah sisi kepala saja, dan kerap terjadi pada wanita.

Sedangkan untuk penyebabnya, saya meangkum dari portal kesehatan,  intinya adalah Migrain bisa disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat, dan stres. Langsung deh keinget, “Wah iya sih ini, namanya nguber deadline, jadilah gak bisa mengatur jadwal istirahat dengan tepat. Selain itu lagi agak malas makan, pengennya ngemil hihi”.

Trik Penanganan Cepat Atasi Migrain 

Sudah mengenal migrain dan penyebabnya, maka penanganan cepat saya lakukan dengan triknya adalah:

  • Atur pola istirahat yang teratur
  • Pijat bagian kepala yang terserang Migrain (kalau saya sebelah kiri) secara perlahan, 
  • Sejenak tidak memikirkan pekerjaan, dan yakinlah bahwa rezeki pasti ada jalan dari-NYA.
  • Cukup minum air putih dan teratur makan dengan gizi seimbang (jangan kebanyakan nyemil terus jadi lupa pola makan bernutrisi hihi).
  • Minum obat bila perlu, (walau ujung-ujungnya saya memilih untuk minum vitamin B Kompleks hehe, soalnya baca di alah atau portal kesehatan untuk gangguan Migrain ini bisa diantisipasi dengan vitamin B.
  • Pastikan koneksi internet lancar, karena ini bermanfaat untuk mencari keluhan kesehatan yang dialami, serta jaman now ini sudah banyak tersedia layanan chat dengan dokter melalui aplikasi kesehatan, sehingga tanpa perlu beranjak dari rumah a.k.a kamar kita bisa berkonsultasi dengan petugas kesehatan.

Selain itu, untuk pembelian resep dokter maupun mencari obat di apotek, bisa dilakukan juga. Jadi bila masih dalam tahap ringan diagnosis dokter, kita bisa cepat mengatasinya. Bahkan bila ternyata kondisi mengharuskan untuk ke fasilitas kesehatan, kita bisa memanfaatkan layanan Ambulance atau taksi online yang pemesanannya bisa dilakukan melalui jaringan internet. Sangat praktis, bukan?

Dari ini saya berpikir, bahwa manfaat internet memang demikian besar untuk urusan saya ini, karena bisa membantu saya untuk gerak cepat mencari solusi kesehatan sebelum menuju ke fasilitas kesehatan. Dengan begitu bisa menghemat waktu dan tenaga, terlebih lagi dengan kondisi yang tidak memungkinkan untuk bepergian. 

Nah ini baru saya nih yang merasakan manfaat internet. Memungkinkan juga kamu. Apalagi kehadiran IndiHome dari Telkom Indonesia, bisa menjangkau hingga ke setiap wilayah, sehingga kemudahan yang saya rasakan dapat juga dirasakan semua masyarakat. 

Oleh fennibungsu

Lifestyle dan Tekno Blogger dengan #SemangatCiee dan terdapat pula tulisan
#TempatNMakanan

Blog saya yang lain dapat dikunjungi:
❤ Blogspot : www.fennibungsu.com
❤ Kompasiana : www.kompasiana.com/fenni_bungsu

Untuk bekerja sama bisa menghubungi by email: fenni.bungsu@gmail.com